• MTS HANG NADIM BATAM
  • Cerdas Islami Berakhlak Mulia

Pentingnya Mempelajari Bahasa Arab untuk Memahami AlQuran Pendahuluan

Pentingnya Mempelajari Bahasa Arab untuk Memahami AlQuran

Pendahuluan

            Kebutuhan manusia yang cenderung meningkat dan berkembang akhir-akhir ini, mengakibatkan manusia banyak disibukkan dengan masalah-masalah yang berkaitan dengan kebutuhan dunia dan tidak sedikit cenderung mengesampingkan kehidupan akhirat.

Kenyataan tersebut telah berpengaruh pada dunia pendidikan Islam yang tahun-tahun terakhirini kurang mendapat respondari kalangan umat Islam sendiri.Al-Qur’an Sebagai Minhajul Hayah (Pedoman Hidup) yang dapat mengeluarkan umat manusia dari kejahiliyahan menuju cahaya Islam. Dari perilaku kebodohan menuju masyarakat berpendidikan. Dari kondisi tidak bermoral menjadi memiliki moral yang sangat mulia.Dan sejarah telah membuktikan hal ini terjadi pada sahabat Rasulullah SAW. Sayid Qutub mengemukakan (1993 : 14) :

“Bahwa sebuah generasi telah terlahir dari da’wah –yaitu generasi sahabat –yang memiliki keistimewaan tersendiri dalam sejarah umat Islam, bahkan dalam sejarah umat manusia secara keseluruhan. Generasi seperti ini tidak muncul kedua kalinya ke atas dunia ini sebagaimana mereka… Meskipun tidak disangkal adanya beberapa individu yang dapat menyamai mereka, namun tidak sama sekali sejumlah besar sebagaimana sahabat dalam satu kurun waktu tertentu, sebagaiamana yang terjadi pada periode awal dari kehidupan da’wah ini…”

Cukuplah kesaksian Rasulullah SAW menjadi bukti kemulyaan mereka, manakala beliau mengatakan dalam sebuah haditsnya:

عن عِمْرَانَ بْنَ حُصَيْنٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا قَالَ قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَخَيْرُكُمْ قَرْنِي ثُمَّ الَّذِينَ يَلُونَهُمْ ثُمَّ الَّذِينَ يَلُونَهُمْ

“Dari Imran bin Hushain ra, Rasulullah SAW bersabda: ‘Sebaik-baik kalian adalah generasi yang ada pada masaku (para sahabat) , kemudian generasi yang berikutnya (tabi’in), kemudian generasi yang berikutnya lagi (atba’ut tabiin). (HR. Bukhari)”

        Sayid Qutub mengemukakan (1993 : 14 – 23) , terdapat tiga hal yang melatar belakangi para sahabat sehingga mereka dapat menjadi khairul qurun, yang tiada duanya di dunia ini. Secara ringkasnya adalah sebagai berikut: pertama, karena mereka menjadikan Al-Qur'an sebagai satu-satunya sumber petunjuk jalan, guna menjadi pegangan hidup mereka, dan mereka membuang jauh-jauh berbagai sumber lainnya. Kedua, ketika mereka membacanya, mereka tidak memiliki tujuan untuk tsaqofah, pengetahuan, menikmati keindahannya dan lain sebainya. Namun mereka membacanya hanya untuk mengimplementaikan apa yang diinginkan oleh Allah dalam kehidupan mereka. Ketiga, mereka membuang jauh-jauh segala hal yang berhubungan dengan masa lalu ketika jahiliah. Mereka memandang bahwa Islam merupakan titik tolak perubahan, yang sama sekali terpisah dengan masa lalu, baik yang bersifat pemikiran maupun budaya.

         Dengan ketiga hal inilah, generasi sahabat muncul sebagai generasi terindah yang pernah terlahir ke dunia ini. Di sebabkan karena ‘ketotalitasan’ mereka ketika berinteraksi dengan Al-Qur’an, yang dilandasi sebuah keyakinan yang sangat mengakar dalam lubuk sanubari mereka yang teramat dalam, bahwa hanya Al-Qur’an lah satu-satunya pedoman hidup yang mampu mengantarkan manusia pada kebahagiaan hakiki baik di dunia maupun di akhirat.Bahasa Arab sesungguhnya merupakan bagian tak terpisahkan darikehidupan umat Islam. Oleh karena itu, mempelajari dan menguasai bahasamenjadi keperluan setiap muslim. Baginya, bahasa Arab perlu untuk membentukpribadi sebagai muslim dan meningkatkan kualitas keimanan dan pemahamanterhadap ajaran agama, bahkan perlu sebagai sarana dakwah penyebaran agamaIslam. Bahasa Arab perlu dipandang sebagai bahasa agama dan bukan sebagaibahasa budaya, etnis, kawasan, maupun negara tertentu saja. Itu ditandai denganbanyaknya tokoh dan ulama muslim yang berasal dari bukan kawasan Arab, semisalAl-Gazali, Al-Biruni, Ibnu Sina, Al-Razi, Al-Kindi, dsb., namun menguasai bahasaArab sebagai bagian dari studi Islam yang mereka tekuni. Selain itu, agama Islam,yang salah satu unsurnya adalah bahasa Arab, seyogyanya men-jadi budaya yangdominan mewarnai kehidupan umat Islam di tingkat pribadi, keluarga, danmasyarakat.

Pentingnya mempelajari AlQuran

            Al-Qur’an diturunkan Allah kepada Rasulullah Salallahu Alaihi Wassalam dengan perantara malaikat Jibril.  Al-Qur’an sebagai pedoman hidup kita, wajib kita baca, taddaburi dan kita amalkan. Untuk sampai kepada tingkat pemahaman dan pengamalan Al-Qur’an, tentu saja seseorang harus melalui fase yang pertama,yaitu mempelajari Al-Qur’an. Baik belajar membaca huruf-huruf Al-Qur’an itu sendiri maupun dengan mempelajari maknanya. Itulah sebenarnya yang disebut dengan mengkaji (ngaji, dalam bahasa jawa).Membaca Al-Qur’an tak sekedar yang penting bisa atau mengenal huruf saja.  Membaca Qur’an juga bukan sekedar untuk bisa diperdengarkan di depan orang-orang. Sabda Rasulullah:“Bacalah Qur’an karena pada hari qiamat nanti ia akan datang untuk memberikan syafaat kepada para pembacanya”.

            Oleh sebab itu, kita harus bersungguh-sungguh belajar Al-Qur’an dengan niat yang lurus ikhlas karena Allah. Sabar, karena di tengah perjalanan kita dalam belajar Al-Qur’an pasti  akan ada ujian yang kita hadapi. Entah itu cemoohan dari orang-orang disekeliling kita, atau kesulitan mengucapkan huruf sesuai mahraj yang benar.  Bersabar, karena belajar Al-Qur’an tidak akan selesai dalam sehari dua, langsung bisa. Jangan karena  kita ingin buru-buru bisa menguasainya, Kita asal-asalan saja membacanya. Q.S. Al Qiyamah (75); 16 yang artinya:“Janganlah engkau (Muhammad) gerakkan lidahmu untuk membaca Al-Qur’an karena hendak cepat-cepat (menguasai) nya.” (Q.S.Al-Qiyamah ;16).

Mengenal Bahasa Arab sebagai bahasa AlQuran

            Pengertian Bahasa Arab menurut Syekh Musthafa Al Ghulayani (Jamiud Durusil Arabiyah )dalam H. Ma’mun Effendi Nur,(2006 : 6) menjelaskan bahwa Bahasa Arab adalah susunan kata atau kalimat yang digunakan bangsa Arab untuk mengemukakan maksud kehendak mereka. Dengan demikian yang dimaksud dengan Bahasa Arab adalah bahasa yang digunakan oleh bangsa arab untuk mengemukakan maksud dan kehendaknya dan sebagai alat komunikasi di kalangan mereka. Sedangkan pengertian belajar bahasa arab secara umum dapat dipahami sebagai tahapan perubahan seluruh tingkah laku individu yang relatif menetap sebagai hasil pengalaman dan interaksi dengan lingkungan yang melibatkan proses kognitif. 

            Diturunkannya Al-Quran dalam bahasa Arabtentu merupakan sebuah rencana Ilahi.Sejak pertama kali diturunkan, Al-Quran adalah Kitab Suci yang berbahasa Arab.Ketika ia diajarkan kepada umat generasi pertama (para sahabat Nabi), ia juga disampaikan dengan bahasa Arab. ketika ia disampaikan dari generasi Muslim ke generasi Muslim lainnya, ia tetap berbahasa Arab, sampai hari kiamat. Al-Quran tidak akan berubah, dan tidak akan menerima perubahan, bahkan satu huruf sekalipun. Apalagi perubahan bahasanya.Al-Quran tetap berbahasa Arab, dari awal ia diturunkan, hingga ia kembali lagi kepada Allah Swt. di surga kelak.ketika kemudian Al-Quran diturunkan berbahasa Arab, itu artinya adalah bahwa Arab juga merupakan sebuah bahasa yang utama.

            Bahasa Arab dipilih sebagai bahasa Al-Quran karena ia memang layak menjadi Kitab Suci paling sempurna dan utama.Mengapa Allah menurunkan Al-Quran dalam bahasa Arab, tidak dalam bahasa lain? Mungkin akan dijawab, “Ah itu khan karena Nabi yang membawanya berasal dari bangsa Arab.” Mari kita tanyakan lagi, “Lalu mengapa Allah mengutus Nabi terakhirnya dari kalangan bangsa Arab, tidak dari bangsa lain?”Apakah Allah menjadikan itu tanpa maksud?Sungguh, tidak ada perbuatan Allah yang sia-sia tanpa maksud; semua perbuatan-Nya terencana dan bermakna.Dengan logika ini, maka ketika Dia menurunkan Al-Quran (anzala al-qur`an) dan menjadikan Al-Quran (ja`ala al-qur`an) berbahasa Arab, itu artinya karena di dalam bahasa Arab sendiri telah terkandung keutamaan yang luar biasa. Dan karena kandungan keutamaan yang luar biasa itulah maka bahasa Arab mendapatkan anugerah sebagai bahasa Al-Quran.Dan hanya ketika berbahasa Arab saja pulalah, Al-Quran disebut Al-Quran. Bila ia diterjemahkan ke bahasa lain, maka terjemahan itu hanya sebatas Terjemahan Al-Quran.

Komentari Tulisan Ini
Tulisan Lainnya
HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA

Edisi 2 Oleh Rudi Fratama, S.Pd Apakah yang dimaksud motivasi? Pada artikel sebelumnya kita sudah menyamakan          1persepsi mengenai motivasi. motivasi dap

08/07/2021 12:55 - Oleh Nazar - Dilihat 98 kali
ETIKA DALAM BERKOMUNIKASI DALAM PANDANGAN ISLAM

ETIKA DALAM BERKOMUNIKASI DALAM PANDANGAN ISLAM          Manusia mempunyai banyak kemampuan dibandingkan dengan makhluk lainnya. Salah satu kelebihan manusi

06/07/2021 09:46 - Oleh Nazar - Dilihat 75 kali
How to Read English Text

There are several ways of good reading that we may often use without us realizing it. There are: Skimming – best used when you know briefly what the text you are reading is witho

05/07/2021 11:37 - Oleh Nazar - Dilihat 77 kali
Tips and Tricks to Increase Learning Motivation for Yourself

 Create a Schedules for Study It is will help you to organize the time and what material to study. Thus, you will be more focused and concentrated in studying. Determine the Lear

05/07/2021 11:35 - Oleh Nazar - Dilihat 86 kali
Penjelasan Secara Ilmiah Kenapa Tidak Boleh Makan Saat Berdiri

   Jangan makan sambil berdiri… Biasanya ini kata-kata orangtua saat melihat anaknya makan sambil berdiri. Para orang tua pun memberikan nasihat untuk tidak makan samb

05/07/2021 11:33 - Oleh Nazar - Dilihat 73 kali
Pengaruh Pendidikan Islam Terhadap Karakter Anak

         Pendidikan merupakan pondasi dasar bagi kehidupan manusia.  Setiap anak sejak usia dini, belajar untuk mengembangkan dan menggunakan kekuatan ment

29/06/2021 12:12 - Oleh Nazar - Dilihat 38 kali
HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KREATIVITAS BELAJAR SISWA

Edisi 1 Oleh Rudi Fratama, S.Pd.      Belajar merupakan proses penting bagi perubahan perilaku manusia mencakup segala sesuatu yang dipikirkan dan dikerjakan.Oleh karena

29/06/2021 11:58 - Oleh Nazar - Dilihat 40 kali
MEMANFAATKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DALAM PEMBELAJARAN

       MEMANFAATKAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DALAM PEMBELAJARAN        Pada era informasi sekarang ini bidang pendidikan tidak bi

29/06/2021 10:29 - Oleh Nazar - Dilihat 40 kali
PENGGUNAAN INTERNET PADA REMAJA

PENGGUNAAN INTERNET PADA REMAJA Seiring dengan berjalannya waktu, kemajuan teknologipun berjalan dengan sangat cepat dan semakin canggih, salah satu bentuk kemajuan teknologi tersebut a

23/06/2021 11:03 - Oleh Nazar - Dilihat 42 kali
Matematika Itu Mudah

Matematika Itu Mudah Matematika merupakan pelajaran wajib sedari kita duduk di sekolah dasar. Coba kalian bayangkan jika matematika itu sulit. Hal itu berarti hari-hari kita bersekolah

23/06/2021 07:58 - Oleh Nazar - Dilihat 42 kali